Ads 468x60px

Santo Josafat, Uskup/Martir

Peringatan 12 November

Ia dilahirkan pd 1580 di Ukraina, menerima jubah dan mengucapkan kaul sebagi biarawan di Vilna pada th 1604. Setelah ditahbiskan sebagai imam, ia berupaya memajukan persatuan Gereja dengan mendirikan dan memulihkan beberapa biara untuk menjaga kesatuan Gerja Katolik. Pada1617, Josafat ditahbiskan sebagai Uskup Agung Polotsk, Lithuania.
Ia giat berkotbah dan mengunjungi para imam dan umatnya. Hasilnya nyata: Rusia kembali kepada ikatan kasih Kristus di bawah pimpinan Sri Paus di Roma. 


Banyak orang memusuhi dia karena iri hati terhadap semua usaha baiknya itu. Okt 1623, ia pergi ke kota Witebesk, benteng orang skismatik dengan maksud menyampaikan kotbah tentang persatuan Gereja.  Sementara itu, para musuhnya tetap mencari jalan untuk membunuhnya. 

12 Nov 1623, setelah Misa Kudus, segerombolan orang masuk ke dalam kediamannya.
Mereka menyerang dan membunuh pelayan2nya. Uskup Josafat-pun tampil ke depan dan mengatakan: "Aku inilah yang kamu cari. Mengapa kamu membunuh para pelayanku yang tak bersalah?" Josafat akhirnya terbunuh dan jenazahnya dibuang ke sungai Dvina.

5 th kemudian, jenazah Josafat ditemukan dalam keadaan tidak rusak meski pakaiannya telah hancur, selama 9 hari dipertontonkan kepada umat, jenazahnya memancarkan bau harum bunga mawar dan lili.

Kemartirannya membuka mata banyak orang untuk bertobat dan bersatu dengan Roma.
Pd 1637, jenazah Uskup Josafat dipertontonkan lagi, juga pada tahun 1767, tetap dalam keadaan tidak rusak.

Akhirnya jenazahnya dibawa ke Basilika St Petrus di Vatikan Roma dan disemayamkan di sana:

"Ut omnes unum sint- supaya mereka semua menjadi satu."


Salam Hikers.
Tuhan memberkati dan Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh

0 komentar:

Poskan Komentar