Ads 468x60px

St. Maximilian Kolbe, Martir

(Peringatan : 14 Agustus)
  
Maximilian Kolbe lahir di Zdunska-Wola, Polandia, pada tanggal 7 Januari 1894. Nama baptisnya Raymond. Saat masuk biara Fransiskan ia memakai nama Maximilianus. Kaul kebiaraannya diucapkannya tahun 1911.

Tahun 1917, ia mendirikan Militia Maria Immaculata di Roma demi memajukan devosi Bunda Maria yang dikandung tanpa noda.

Tahun 1918, Maximilian ditabhiskan menjadi imam dan kembali berkarya di Polandia. Ia lalu giat menyebarkan tulisan Bunda Maria dalam buletin 'Militia Maria Immaculata'.Kiranya benar bahwa semakin kuat dan besar iman seseorang, semakin berat juga cobaan yang harus dialami, demi memurnikan iman dan kesuciannya.


Tahun 1939 Gestapo, Jerman yang keji itu memasuki wilayah Polandia. Mereka memenjarakan dan membunuh para pemimpinnya, baik politik, maupun keagamaan dan para ahlinya, dan pers Polandia harus dihancurkan.Maximilian Kolbe yang dikenal sebagai seorang penulis dan editor majalah, lalu ditangkap oleh Gestapo dan diasingkan ke Lamsdorf, Jerman dan dimasukkan ke kamp konsentrasi Amstitz.

Pernah ia dilepaskan, tetapi lalu ditangkap lagi tahun 1941, dan dipenjarakan ke kamp konsentrasi Auscwitz. Di kamp konsentrasi ini, Maximilian diam-diam menjalankan tugasnya sebagai imam bagi para tahanan yang ada disana. Dengan kondisi tubuh kurus kering maka TBC yang dideritanya semakin parah karena kerja paksa itu.

Suatu hari sersan Gajowniczek dijatuhi hukuman mati. Karena takut, ia berteriak-teriak menyebut anak-anak dan istrinya. Mendengar teriakan sersan itu, Maximilian Kolbe maju minta menggantikan sersan itu. "Daripada sersan yang beranak-istri ini mati, lebih baiklah saya yang mati. Karena toh saya tidak beranak-istri", kata Maximilian. Bersama sandera lainnya, Maximilian tidak diberi makan dan minum. Ia bisa bertahan sebagai korban terakhir, dan baru mati setelah disuntik carbolic acid. Ia menjadi martir yang "silaban-siap dan rela berkorban. Bagaimana dg kita?

"Makan bakut di Pasar Senthir-Jangan takut menjadi martir"


Salam HIK'ers
Tuhan memberkati + Bunda merestui
Fiat Lux @ RomoJostKokoh

0 komentar:

Posting Komentar