Ads 468x60px

Oleh - oleh dari Pontianak, Pemberkatan Katedral St.Yosef Pontianak


TEPAT pada Hari Raya Santo Yosef tanggal 19 Maret 2015, Katedral Keuskupan Agung Pontianak diberkati oleh Mgr Antonio Guido Filipazzi, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia.
Misa konselebrasi dipimpin oleh Mgr. Antonio Guido Filipazzi bersama Uskup Keuskupan Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus,
Uskup Keuskupan Tanjung Selor yang sebentar lagi Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF,Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini CP,
dan Uskup Keuskupan Ketapang Mgr. Pius Riana Prabdi, beserta 15 uskup lain dan para imam yang hadir pada misa perdana di Gereja Katedral baru tersebut.


Tampak hadir dalam katedral yang bisa memuat 3.000 umat tersebut, sejumlah pimpinan ordo dan tarekat bruder dan suster.

Dari pemerintah daerah terlihat Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, pejabat SKPD Provinsi Kalimantan Barat, beberapa anggota DPR, DPRD I, dan DPRD II.

Seluruh tempat duduk terisi dengan umat yang bersatu dalam ekaristi kudus tersebut.
Dalam kata sambutannya, Nuntius Mgr. Antonio Guido Filipazzi mengajak umat untuk bersama-sama memohon berkat atas Katedral Santo Yosef ini, agar Tuhan berkenan hadir menyucikan gereja ini menjadi gereja kudus Allah yang Mahasuci.

Para Uskup, Imam bersatu dalam doa dan iman bersama Nuncius Apostolik/Dubes Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi memberkati bangunan, altar gedung Katedral.
Setelah pemberkatan dan perecikan air disekitar altar dan ruangan, dilanjutkan dengan liturgi sabda.

Dalam homilinya, Mgr. Antonio Guido Filipazzi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi atas pembangunan gereja hingga selesai.


Doa litani para kudus mengawali upacara pemberkatan gereja megah yang dibangun sejak tahun 2011 ini, dilanjutkan dengan penempatan relikwi, pengurapan altar dan pendupaan altar, dan akhirnya penyalaan lilin.

Ketika mulai liturgi ekaristi, setelah komuni, Nuntius memberkati tabernakel dan ruang adorasi ekaristi.

0 komentar:

Poskan Komentar