Ads 468x60px

YAKOBUS

YAKOBUS
" YAkinkan Tuhan - KOBarkan iman - USahakan pertobatan."

Sabtu, 25 Juli 2014

Identitas Diri
Yakobus adalah nama Yunani, yang berasal dari nama Ibrani Ya’aqob. Ia dijuluki sebagai Yakobus Tua, anak Zebedeus dan Salome (bdk. Mat 27:56 dan Mrk 15:40) dari Kapernaum. Zebedeus adalah seorang pedagang ikan yang kaya raya. Sedangkan Salome adalah seorang ibu yang berambisi kuat demi sukses anak-anaknya: “Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam kerajaan-Mu, yang seorang di sebelah kanan-Mu dan yang seorang lagi di sebelah kiri-Mu” (Mat 20:21).

Permintaan itu salah, tetapi ia telah menunjukkan ambisinya yang ingin melihat anak-anaknya berada dekat Yesus dan satu tempat dalam kerajaan-Nya. Salome itu juga salah seorang perempuan yang setia mengikuti hingga Yesus disalibkan dan menangis di kubur-Nya.

Yakobus adalah saudara kandung Yohanes. Ia dipanggil menjadi rasul Yesus (Mat 10:2; Mrk 3:17; Luk 6:14) dan bersama Yohanes dalam kata Aram disebut boanerges, yang berarti “anak-anak guruh” (Mrk 3:17). Sebutan itu bisa jadi karena semangat, gairah dan fanatismenya yang sering meledak-ledak dan menggelegar dalam menyampaikan dan membela pendapat. Sewaktu orang-orang Samaria bersikap tidak ramah dan menolak Yesus karena perjalanan-Nya ke Yerusalem, penghinaan itu menimbulkan kemarahannya yang meluap-luap, Sehingga ia bersama saudaranya mengusulkan kepada Yesus: “Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?” (Luk 9:54).

Yakobus adalah seorang murid yang berkobar-kobar semangatnya, namun ia juga tidak setia mengikuti Yesus dalam penderitaan-Nya (Mat 26:56; Mrk 14:50). Meski demikian, ia hadir di Yerusalem sewaktu Yesus terangkat ke surga (Kis 1:9-13) dan mendapat pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 2:1-4).

Bersama dengan Yohanes dan Simon Petrus, Yakobus adalah murid yang dekat dengan Yesus, sebagaimana tampak dalam kebersamaannya di Bukit Tabor, ketika Yesus berubah rupa atau transfigurasi (Mat 17:1; Mrk 9:2; Luk 9:28); di Taman Getsemani, ketika Yesus berdoa dengan sedih dan gentar (Mat 26:37; Mrk 14:33); di Kapernaum, ketika Yesus membangkitkan anak Yairus (Mrk 5:37; Luk 8:51); dan di Bukit Zaitun, ketika Yesus memberitahukan tentang permulaan penderitaan-Nya (Mrk 13:3).

Karya Kerasulan
Dalam Kitab Suci tercatat bahwa Yakobus Wafat pada waktu pemerintahan Raja Herodes Agripa I (41-44): “Kira-kira pada waktu itu Raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dan jemaat. Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang” (Kis 12:1-2). Martir pertama adalah si saleh dan pandai bicara Stefanus, tetapi martir pertama dari antara para rasul adalah Yakobus .


Menurut tradisi, Yakobus adalah misionaris pertama ke Spanyol. Setelah kematiannya, murid-muridnya berperahu kecil mengambil peti mayat yang dimakamkan di dekat Amaea dan ditemukan oleh seorang pertapa, Pelagius, pada tahun 813. Tulang-tulang Yakobus Zebedeus itu kemudian dikuburkan di kota Santiago de Compostela dan kuburannya dijadikan tempat ziarah. Ia dijadikan santo pelindung bangsa Spanyol dan pelindung bagi para ahli farmasi dan penjual rempah-rempah. Pestanya dirayakan setiap tanggal 25 Juli.

0 komentar:

Poskan Komentar