Ads 468x60px

Surat Paus Fransiskus Bagi Pencanangan Hari Doa Sedunia Untuk Kepedulian Ciptaan

Di bawah ini adalah teks dari surat Paus Fransiskus yang dikirim hari ini 10 Agustus 2015 kepada Peter Kardinal Turkson, Presiden Dewan Kepausan untuk Keadilan dan Perdamaian, dan Kurt Kardinal Koch, Presiden Dewan Kepausan untuk Persatuan Umat Kristen, dalam rangka pencanangan "Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan" yang akan dirayakan setiap tahun pada tanggal 1 September.
***


Kepada Saudara-saudaraku yang terhormat
Peter Kodwo Appiah Kardinal Turkson
Presiden Dewan Kepausan untuk Keadilan dan Perdamaian
Kurt Kardinal Koch

Presiden Dewan Kepausan untuk Promosi Persatuan Umat Kristen
Berbagi keprihatinan saudara saya yang tercinta, Patriark Ekumenis Bartolomeus, untuk masa depan ciptaan (bdk. Laudato Si', 7-9), dan atas saran dari perwakilannya, Metropolitan Ioannis dari Pergamus, yang mengambil bagian dalam penyajian ensiklik Laudato Si' tentang kepedulian terhadap tempat tinggal kita bersama, saya ingin memberitahu Anda bahwa saya telah memutuskan untuk mencanangkan dalam Gereja Katolik "Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan" yang, dimulai tahun ini, akan dirayakan pada 1 September, sebagaimana telah menjadi kebiasaan dalam Gereja Ortodoks untuk beberapa waktu.

Sebagai orang-orang Kristen kita ingin memberikan kontribusi untuk mengatasi krisis ekologi yang dialami umat manusia saat ini. Dalam melakukannya, pertama kita harus menemukan kembali dalam warisan rohani yang kaya milik kita sendiri motivasi-motivasi terdalam bagi keprihatinan kita untuk kepedulian ciptaan. Kita perlu selalu diingat bahwa, bagi orang-orang percaya di dalam Yesus Kristus, Sabda Allah yang menjadi manusia demi kita, "kehidupan roh tidak terpisahkan dari tubuh atau dari alam atau dari kenyataan-kenyataan duniawi, tetapi tinggal di dalam dan bersama mereka, dalam persekutuan dengan semua yang mengelilingi kita" (Laudato Si', 216). Sehingga krisis ekologi memanggil kita kepada pertobatan rohani yang mendalam : orang-orang Kristen dipanggil kepada "sebuah pertobatan ekologi di mana akibat-akibat pertemuan mereka dengan Yesus Kristus menjadi jelas dalam hubungan mereka dengan dunia di sekitar mereka" (Laudato Si', 217). Karena "menghayati panggilan kita untuk menjadi para pelindung karya tangan Allah adalah penting bagi sebuah kehidupan kebajikan; ia bukan sebuah aspek pengalaman Kristen kita yang bersifat manasuka atau sekunder" (Laudato Si').

Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan setiap tahun akan menawarkan orang-orang percaya secara pribadi dan komunitas-komunitas sebuah kesempatan yang tepat untuk menegaskan kembali panggilan pribadi mereka untuk menjadi para pramugara ciptaan, bersyukur kepada Allah untuk karya tangan yang luar biasa yang telah Ia percayakan kepada kepedulian kita, dan memohon bantuan-Nya untuk melindungi ciptaan serta ampunan-Nya atas dosa-dosa yang dilakukan terhadap dunia yang di dalamnya kita hidup. Perayaan Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan ini, pada tanggal yang sama dengan Gereja Ortodoks, akan menjadi sebuah kesempatan berharga untuk menjadi saksi bagi persekutuan kita yang berkembang dengan saudara dan saudari Ortodoks kita. Kita hidup pada saat semua orang Kristen dihadapkan dengan tantangan-tantangan menentukan yang sama, yang terhadapnya kita harus menanggapi bersama-sama, agar lebih dapat dipercaya dan efektif. Inilah harapan saya agar Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan ini akan dalam beberapa cara juga melibatkan Gereja-gereja dan Komunitas-komunitas gerejawi lainnya, dan dirayakan dalam kesatuan dengan prakarsa-prakarsa serupa dari Dewan Gereja-gereja Sedunia.

Saya meminta Anda, Kardinal Turkson, sebagai Presiden Dewan Kepausan untuk Keadilan dan Perdamaian, untuk menginformasikan Komisi-komisi Keadilan dan Perdamaian dari Konferensi-konferensi Waligereja, serta organisasi-organisasi nasional dan internasional yang terlibat dalam isu-isu lingkungan, pencanangan Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan, sehingga, dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan dan situasi-situasi lokal, ia secara pantas dapat dirayakan dengan keikutsertaan seluruh umat Allah: para imam, para biarawan-biarawati dan umat beriman awam. Karena alasan ini, akan menjadi tugas Dewan Anda, bekerja sama dengan berbagai Konferensi Uskup, untuk mengatur cara-cara yang sesuai untuk mempublikasikan dan merayakan Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan, sehingga acara tahunan ini akan menjadi sebuah kesempatan penting untuk doa, permenungan, pertobatan dan adopsi gaya hidup yang sesuai.

Saya meminta Anda, Kardinal Koch, sebagai Presiden Dewan Kepausan untuk Promosi Persatuan Umat Kristen, untuk membuat kontak-kontak yang diperlukan dengan Patriarkat Ekumenis dan dengan organisasi-organisasi ekumenis lainnya sehingga Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan ini dapat berfungsi sebagai sebuah tanda perjalanan bersama yang di dalamnya semua orang percaya di dalam Kristus ambil bagian. Ia juga akan menjadi tanggung jawab Dewan Anda untuk memastikan bahwa ia dikoordinasikan dengan prakarsa-prakarsa serupa yang dilakukan oleh Dewan Gereja-gereja Sedunia.

Dalam mengungkapkan harapan saya maka, sebagai hasil kerjasama yang luas, Hari Doa Sedunia untuk Kepedulian Ciptaan akan diresmikan dan berkembang dengan cara yang terbaik yang mungkin, saya memohon atas prakarsa ini pengantaraan Maria, Bunda Allah, dan Santo Fransiskus Asisi, yang Kidung Sang Surya-nya mengilhami begitu banyak pria dan wanita yang berkehendak baik untuk menghayati pujian kepada Sang Pencipta dan dengan menghormati ciptaan. Sebagai sebuah jaminan keberhasilan rohani, saya menyampaikan berkat apostolik saya kepada Anda, Saudara-saudara yang ulung, dan kepada semua orang yang berbagi dalam pelayanan Anda.


Dari Vatikan, 6 Agustus 2015
Pesta Yesus Menampakkan Kemuliaan-Nya.

FRANSISKUS

*********

0 komentar:

Poskan Komentar