Ads 468x60px

Audiatur et altera pas - Dengarlah semua sisi

Ini adalah sebuah ungkapan yuridi yang juga bisa berlaku dalam penjelasan yang lain tentang 10 perintah Allah. Secara sederhana, lewat 10 perintah Allah, dalam mengasihi Allah, maka kita harus mempunyai beberapa dasar, antara lain:
1. kesetiaan,
2. penghormatan, dan
3. pelayanan.

Sedangkan dalam mengasihi sesama, kita harus :
4. menjalankan tugas untuk wakil Tuhan di dunia ini dan menjalankan tugas untuk diri sendiri dan sesama dalam
5. melindungi kehidupan,
6. kemurnian,
7. harta milik,
8. kehormatan,
9 dan 10. melindungi kehidupan keluarga.


Sepuluh perintah Allah diberikan secara khusus dan ditulis di atas dua loh batu kepada bangsa Israel. Namun, perintah ini sesungguhnya bukan hanya dituliskan di atas dua loh batu, namun juga dituliskan oleh Tuhan di dalam setiap hati manusia, baik bangsa Israel maupun bangsa lain.

Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus menegaskannya demikian “Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri. Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.” (Rom 2:14-15)

Ayat ini menunjukkan bahwa semua orang, baik orang Yahudi maupun non-Yahudi sebenarnya terikat oleh hukum taurat yang berpola salib: vertikal sekaligus horisontal-ke atas sekaligus menyamping, yang intinya adalah mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Dan memang itulah kodrat manusia yang bijaksana, yang berani mendengar dari semua sisi.

Salam HIKers.
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh.



0 komentar:

Poskan Komentar