Ads 468x60px

Karitas - Kasih

Inilah nama kelompok basis yang kerap mengadakan kunjungan orang sakit setiap hari Jumat di kota Solo. Adapun semangat "karitas" ini mengajak kita selalu "berKARya dengan RIang dan berkualiTAS", karna ber-karitas atau mengasihi adalah hukum dan panggilan yang diserukan Gereja kepada semua yang berkehendak baik.

Hal Ini juga disebutkan dalam Konsili Vatikan II tentang Gereja, di bab V: “Yesuslah Guru dan Teladan Ilahi segala kesempurnaan. Dengan kesucian hidup, yang dikerjakan dan dipenuhiNya sendiri, Ia mewartakan kepada semua muridNya, bagaimanapun juga corak hidup mereka: “Kamu harus sempurna, seperti Bapamu yang di sorga sempurna adanya” (Mat 5:48).


Sebab kepada semua diutusNya Roh Kudus, untuk menggerakkan mereka dari dalam, supaya mengasihi Allah dengan segenap hati-jiwa-akal budi dan tenaga (Mrk 12:30), dan saling mencintai seperti Kristus telah mencintai (Yoh 13:34; 15:12).

Oleh rasul mereka juga dinasehati, supaya hidup “sebagaimana layak bagi para org kudus” (Ef 5:3); supaya “sebagai kaum pilihan Allah, sebagai orang kudus, mengenakan sikap kasih, kemurahan, kerendahan hati, kelemah-lembutan dan kesabaran” (Kol 3:12); dan supaya menghasilkan buah-buah Roh (Gal 5:22; Rom 6:22).

Akan tetapi karna dalam banyak hal kita bersalah (Yak 3:2), kita terus-menerus membutuhkan belaskasihan Allah dan wajib berdoa setiap hari: “Ampunilah kesalahan kami” (Mat 6:12).
Jadi bagi kita semua jelaslah, bahwa kita dipanggil untuk mencapai kepenuhan dan kesempurnaan hidup Kristiani dengan ber-karitas setiap hari.

Dengan karitas inilah, sebuah kehidupan yang lebih manusiawi, yang tertuju pada kemuliaan Allah dan pengabdian terhadap sesama semakin dihadirkan.


0 komentar:

Poskan Komentar