Ads 468x60px

Lex - Hukum

Yesus hidup di tengah banyak hukum yang kerap melupakan esensi pokoknya yang "Hadir Untuk Keselamatan Umat Manusia."

Mengacu pada perikop Mat 22:34-40, kita dapat melihat bahwa hukum yang terutama dalam hukum Taurat adalah kasih: mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa, dan akal budi dan mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri. Dengan kata lain : Yesus telah merangkum semua hukum Taurat, yang disebutkan dalam Ul 6:5 dan Im 19:18.


Adapun, kalau kita meneliti 10 perintah Allah (Kel 20:1-17), maka kita dapat melihat bahwa hukum2 di dalam 10 perintah Allah adalah merupakan penjabaran dari hukum kodrat yang sempurna. Hukum kodrat ini adalah hukum yang terpatri dalam setiap hati manusia.
Dalam 10 perintah Allah, kita dapat melihat adanya perintah kasih dalam dua kelompok, yaitu hukum 1-3 adalah perintah untuk mengasihi Tuhan dan hukum 4-10 adalah perintah untuk mengasihi sesama.

Urutan ke-10 perintah Allah tidak diberikan atas dasar kebetulan tapi menurut St. Thomas Aquinas, memang ada alasannya tergantung dari tingkatan prioritasnya, yakni al: Untuk mengasihi Allah, kita harus melakukan tiga hal, yaitu:

1. Tidak boleh mempunyai Allah lain/ "Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu."

2. Harus memberikan kepada Allah penghormatan/ "Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat."

3. Kita harus beristirahat dalam Tuhan/ "Kuduskanlah hari Tuhan."
Dan jelaslah bahwa untuk membuktikan kasih kepada Allah, maka kita harus sekaligus mengasihi sesama seperti yang dijabarkan dalam perintah Allah yang ke-4 sampai ke-10, mulai dari keluarga-tetangga-masyarakat sekitar kita, lewat doa-pikiran-perkataan dan tindakan kita.


0 komentar:

Poskan Komentar