Ads 468x60px

Tiga Tingkatan Kasih

Dari buku "Christian Perfection and Contemplation: According to St.Thomas Aquinas and St.John of the Cross", serta tulisan St.Thomas Aquinas (Summa Theology, II-II, q.34, a.9), maka kita dapat melihat 3 tingkatan kasih:

a. Tahap pemula (beginners/ purgative).
Pada tingkatan ini, orang berusaha agar tidak jatuh ke dalam dosa berat dan berusaha untuk melawan kelemahan dan kecenderungan berbuat dosa (concupiscences). Dalam tahap ini, orang masih berfokus pada bagaimana caranya untul menghindari dosa-dosa yang dulunya sering dilakukan.



b. Tahap kedua (Illuminative Way).
Pada tahap ini, orang tidak lagi berfokus pada menghindari dosa tapi pada bagaimana bertumbuh dalam kebaikan. Mereka membuat kemajuan spiritualitas dalam terang iman dan kontemplasi. Seseorang pada tahap ini mulai berfikir apa yang dapat dilakukannya untuk dapat semakin memberikan kemuliaan bagi nama Tuhan. Dia mulai berfikir, bagaimana dia dapat memberikan kebaikan kepada sesama. Ia bukan hanya berfikir untuk menghindari dosa berat tapi juga mencoba mengarahkan hidupnya dan hidup sesamanya kepada Tuhan.

c. Tahap sempurna (Univitive Way/Heroic Love).
Dalam tahap ini, orang secara sadar tidak mau dan berusaha untuk menghindari dosa-dosa yang kecil (venial sins) sekalipun. Walaupun kadang dia masih melakukan dosa kecil tapi dosa-dosa kecil ini terjadi dengan tidak disengaja. Secara aktif dia mencoba menghilangkan apa yang tidak sempurna dalam dirinya, sehingga seluruh akal budi, perbuatan dan perkataannya ditujukan untuk menyenangkan hati Tuhan. Dia setia terhadap inspirasi dari Roh Kudus dan menjalankan semua hal, termasuk hal-hal kecil dengan kasih yang besar. Dia sekaligus lemah lembut namun juga kokoh dalam imannya. Dia memandang rendah hal-hal dunia dan secara aktif dan terus-menerus mempunyai kontemplasi terhadap hal-hal Ilahi.


Dia mempunyai hati yang besar (magnanimity) sehingga membuatnya dapat menyingkirkan hal-hal dunia agar dia dapat semakin bersatu dengan Tuhan. Bagaimana dengan kita?

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh.



0 komentar:

Poskan Komentar