Ads 468x60px

Basilica

Selain Lateran, ada juga sebuah gereja basilica besar lain untuk menghormati Bunda Maria, yaitu Gereja Basilika Santa Maria Maggiore, salah satu gereja favorit para Paus.

Pada tahun 352 Masehi, sepasang suami-istri warga Roma yang tak memiliki anak, Yohanes dan isterinya, memutuskan untuk menghibahkan harta kekayaan mereka kepada Bunda Maria. 

Mereka selalu berdoa kepada Bunda Maria untuk minta petunjuk bagaimana harta kekayaan mereka bisa digunakan demi Gereja.

Suatu ketika, Bunda Maria muncul di hadapan mereka pada malam hari tanggal 4 Agustus dan mengatakan bahwa dia menginginkan sebuah basilika dibangun diatas Bukit Esquiline, yaitu salah satu dari tujuh bukit di kota Roma.

Bunda Maria akan menandai areal tanah tempat gereja itu mesti dibangun, dengan tumpukan salju - yang mana ini merupakan suatu mukjijat karena bulan Agustus adalah bulan terpanas di kota Roma.

Sri Paus pada saat itu, Paus Liberius, juga menerima pesan yang sama dari Bunda Maria.
Pada 5 Agustus, sebagian wilayah Bukit Esquiline yang luas ditutupi oleh lapisan salju.
Baik Yohanes bersama istrinya maupun Paus Liberius datang ke bukit tersebut.
Setelah mereka mengukur luas wilayah yang ditutupi oleh salju, yang akan menjadi luas area basilika, salju tersebut menghilang. 

Sri Paus segera memerintahkan dibangunnya basilika yg selesai dibangun pada tahun 360.
Gereja yang juga disebut Basilika Liberiana ini adalah salah satu tituli atau kumpulan gereja yang dibangun di pinggiran Roma, yang dipimpin oleh seorang pelindung - dalam hal ini Paus Liberius - yang menaungi kongregasi-kongregasi penting pada era awal Kristen di Roma.

Basilika Santa Maria Maggiore ini adalah satu-satunya basilika di Roma yang mempertahankan inti dari struktur aslinya, tetap bertahan kuat walaupun mengalami beberapa proyek rekonstruksi tambahan dan terjadinya kerusakan akibat gempa bumi dashyat pada tahun 1348.


Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh

0 komentar:

Poskan Komentar