Ads 468x60px

Deus providebit - Tuhan yang menyelenggarakan


Inilah keyakinan iman para suster OSF yang meyakini bahwa segala sesuatu di dunia ini ada waktunya. Namun yang pasti dibalik semuanya itu, Allahlah, dengan maksudnya yang baik dan indah, mengendalikan segala peristiwa di dalam waktu.

Adapun salah satu kitab dalam KSPL (Kitab Suci Perjanjian Lama), yakni kitab Pengkhotbah, meyakini bahwa semua indah pada waktuNya dimana dipaparkan empat fakta yang perlu kita pertimbangkan, antara lain:


1. Hidup perlu melihat ke atas, yaitu Allah yang memegang kendali atas waktu dan hidup kita. (3:1-8)

2. Hidup perlu melihat ke dalam diri, sesuatu dalam diri kita yang menghubungkan kita dengan Allah – yaitu unsur kekekalan di dalam hati manusia yang melampaui waktu. (3:9-15)

3. Hidup ini perlu melihat ke masa depan, apa yang menanti di masa depan manusia sebagai pertimbangan dalam hidup ini, yaitu kepastian akan kematian. (3:16-22)

4. Hidup ini juga perlu memandang segala sesuatu yang berada di sekitar kita, yang mengelilingi hidup kita, yaitu berbagai problema & masalah kehidupan yang sangat beragam. (4:1-16)

Menyadari "tetralogi hidup" di atas, seharusnya menjadikan kita senantiasa hidup dalam "hik"-"harapan- iman- kasih" dalam kondisi kenyataan hidup apapun, karena sadar segala sesuatu ada waktunya dan Allah Bapa di dalam Kristus yang kita percayai itulah yang memegang kendali atasnya akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

(Pengkhotbah 3:1, 11: “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya. Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir”)


Salam HIKers.
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

0 komentar:

Poskan Komentar