Ads 468x60px

Nikolas- NIat dan KOmitmen yang berkeLAS

Nikolas yang diperingati setiap 6 Des ini lahir di Parara, Asia Kecil dari sebuah keluarga kaya raya. Ia menjadi imam yang sangat disukai umat, bahkan harta warisannya dimanfaatkan untuk banyak karya amal. Ia kemudian dipilih menjadi Uskup kota Myra yang berkedudukan di Lycia (Turki). Ia termasuk orang kudus populer sehingga dijadikan pelindung banyak kota, keuskupan gereja dan negara. Ia dihormati sebagai pelindung para pelaut-anak-anak dan para gadis miskin. Ia hadir sebagai seorang uskup yang tulus dan josss, penuh semangat dan kokoh membela orang miskin dan tertindas. 


Ketenarannya melahirkan berbagai cerita. Salah satunya: Konon ada seorang bapa tak mampu menyelenggarakan perkawinan ke3 anak gadisnya. Karena miskin, ia berniat memasukkan ke3 putrinya itu ke tempat pelacuran. Hal ini didengar oleh Nikolas sehingga pada suatu malam Nikolas melemparkan tiga bongkah emas ke dalam kamar bapa itu dengan diam-diam. Maka, selamatlah tiga puteri itu dari lembah dosa dan dapat menikah.

Cerita yang lain:
Sewaktu Asia Kecil dilanda paceklik, Nikolas "blusukan", mondar-mandir ke daerah-daerah lain untuk minta bantuan bagi umatnya. Ia kembali dengan sebuah kapal yang sarat muatan gandum dan buah-buahan. Ternyata, ada beberapa iblis hitam bersembunyi dalam kantong-kantong gandum itu. Segera Nikolas membuat tanda salib atas kantong-kantong itu dan seketika itu juga setan-setan hitam itu berbalik menjadi pembantunya yang setia.
Salah satu tradisi yang paling populer ialah pembagian hadiah kepada anak-anak pada waktu Pesta Natal.

Tradisi ini sebenarnyanya diperkenalkan oleh orang-orang Kristiani di Belanda, yang "menobatkan" Nikolas sebagai kakek tua berjenggot, gendut besar, berpakaian uskup dengan baju bernuansa merah putih, bernama Santa Claus, "Sinterklas", yaitu hari pembagian hadiah menampilkan sosok Nikolas yang dekat dengan anak-anak tetapi ia juga membawa hamba hitam, "piet hitam", yang menghukum anak-anak nakal.

Ia meninggal dan dimakamkan di katedral Myra, kini relikuinya disemayamkan di Bari, Italia.

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh

0 komentar:

Poskan Komentar