Ads 468x60px

SPBU: Salib, Perisai, Bintang dan Ursulin

Untuk memahami dan menghayati “HIK” ala Santa Angela, kita perlu mengenal “historia domus”, atau “curiculum vitae”-nya, semacam sejarah kehidupannya: kisah dan panggilannya serta kata-kata atau nasehat bijak bestari yang diwariskannya kepada kita.

Memahami dan menghayati “HIK” Santa Angela penting bagi kita sebagai “putera-puteri”nya, karena kita “berkarya”, mengikuti Kristus melalui dan bersama dengan komunitas yang sarat dan erat dengan figur St Angela sendiri

Spiritualitas “HIK” Santa Angela sungguh amat kaya. Sangat disayangkan kalau kita tidak menimbanya dengan baik dan menghayatinya dengan setia. Oleh karena itu baiklah pada kesempatan ini, kita mendalami beberapa segi spiritualitas yang menurut saya merupakan aspek-aspek penting dalam kehidupan Santa Angela.


MENU PERTAMA:
1. MISTIK DALAM DUNIA
Pertanyaan:”Bila mendengar kata “mistik” , pikiran apa yang muncul dalam benak kita? Santa Angela ketika berada di bawah kaki Yesus, tahu tentang dirinya sebagai seorang yang merendahkan diri dengan penuh kerendahan hati, tetapi bukannya tanpa suatu kegembiraan.

Angela memiliki hati yang ramah. Keramahan ini mengalir dari persatuannya yang sangat erat dengan Tuhan yang dicintainya. Ia mencari dan menemukan Tuhan dalam rahasia hatinya. Sebuah rahasia yang tidak mungkin dimenngerti dengan akal budi tetapi terutama dengan hati juga. Pertemuan dua hati yang ramah yaitu HATI TUHAN dan HATI ANGELA melahirkan kegembiraan yang mendalam di dalam diri Angela.

Selanjutnya hati yang ramah dan gembira , memampukan Angela untuk terbuka terhadap semua orang. Berulangkali di dalam tulisannya Angela selalu menekankan kegembiraan dan kesetiaan. Kedua hal ini muncul apabila ada keramahan dan kegembiraan di dalam hati.

Berdoa bagi Angela tidak pernah pasif. Berdoa baginya adalah mempersatukan kehendaknya dengan kehendak Tuhan. Persatuan dua kehendak pasti mengarahkan keterbukaan akan sesuatu yang hidup, dinamis,dan mengarah kepada yang lain.
Kontemplasinya berkaitan dengan kehidupan nyata, dengan alam ciptaan Tuhan, sesama manusia, dan dengan Tuhan sendiri. Persatuannya yang erat dengan Tuhan, tidak hanya demi kesenangan sendiri tetapi justru terbuka terhadap berbagai peristiwa yang menyedihkan seperti: dosa dan peperangan, kemiskinan dan kelaparan, kegagalan, sakit dan kematian. Dengan kata lain, Angela dipanggil untuk bersatu dengan Tuhan tetapi sekaligus hadir dan berbuat sesuatu bagi dunia. Kontemplasi Angela berada di antara yang ilahi dan yang insani. Angela adalah seorang wanita yang ramah dalam hatinya. Doa baginya merupakan permenungan kehendak Allah dan ia mencoba meleburkan kehendaknya sendiri di dalam kehendak Allah.

Ada dua cara berdialog dalam doa: 
• Mendengarkan dan merenungkan kehendak Allah
• Mendengarkan dan merenungkan rahasia hati kita.
Mistik Kemempelaian
Hidup Angela adalah hidup Yesus. Hidup Yesus adalah hidup Angela. Kita ingat akan mistik kemempelaian. Barangkali istilah ini masih terasa asing karena belum terbiasa memakainya dalam hidup sehari-hari. Hidup mistik Angela terletak pada “ personal loving relationship with God” (relasi cinta pribadi dengan Tuhan).

Ciri-ciri Mistik
• Aktif dan terlibat dengan banyak orang
• Hati selalu terpusat pada Tuhan
• Selalu hidup dalam cinta relasi pribadi
• Tidak berdasarkan emosi atau afeksi tetapi berkaitan dengan aksi yang penuh refleksi dan kontemplasi.

Kesimpulan :
Mistik adalah pusat perjalanan rohani. Tanpa pengalaman mendalam akan relasi cinta dengan Allah, perjalanan rohani kita terasa hambar dan datar, banal dan dangkal.
Pertanyaan refleksi
Bagaimana saya telah mengalami dipanggil menjadi seorang "yang mistik” dalam dunia dewasa ini?


MENU KEDUA:
2. WOMEN WITH A PILGRIM HEART ( Wanita Peziarah Batin)
Sebagai seorang perempuan, Angela tidak memiliki sesuatu pun, kecuali sebuah rumah. Itulah sebabnya ia memulai sebuah peziarahan. Ia mencoba membuka hatinya akan kehendak Allah di dalam kehidupannya sehari-hari. Dikatakan sangat lazim bagi seorang wanita mengadakan ziarah pada zaman Angela. Ia berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Dalam peziarahannya ia selalu menyambut segala sesuatu yang berbeda dengan cara yang berbeda pula. Ia mampu menuntun banyak orang untuk mengalami kehadiran Tuhan.

Pada saat yang sama ia bertumbuh dalam perjalanan rohaninya. Tuhan berbicara kepadanya dan ia sudah berada pada bagian “dalam “hidupnya, bukan hanya pada bagian permukaan.

Angela menemukan pelariannya di bawah kaki Yesus Kristus.
Sahabatnya adalah Roh Kudus. Angela sering berdansa dengan Roh Kudus. Bayangkan kalau dua orang berdansa. Supaya bisa menari dengan baik dan bagus kedua orang perlu bekerja sama dan saling menyesuaikan diri satu sama lain agar gerakan-gerakan semakin lentur dan indah. Jika salah satu partner kaku maka tidak akan terjadi tarian yang indah mempesona. Jadi, ada bayangan bayangan dalam berdansa:
• Relasi yang baik dengan Roh Kudus. Roh Kudus menjadi partner hidupnya.
• Dua partner perlu berkomunikasi, saling mendengarkan, kontak pribadi, saling menyesuaikan, menyadari kebutuhan partner. Kita akan mengetahui kehendak Tuhan hanya dengan Roh Kudus.
• Membutuhkan kepercayaan yang mendalam terhadap partner. Membutuhkan waktu untuk diam bersama.
• Angela adalah salah satu peziarah dalam Roh Tuhan. Dia membutuhkan waktu yang lama untuk tinggal dengan Roh Kudus di dalam doa, permenungan. Ia menjadi wanita pendamai dan pendoa berjam-jam.
• Di dalam kehidupan sehari-hari kita juga menemukan diri sebagai seorang peziarah dalam perjalanan yang panjang. Baiklah kita melihat kembali awal hidup dan karya kita. Bagaimana kita memulai peziarahan hidup kita?
• Pada saat-saat krisis, saat frustrasi, saat kehilangan kontak dengan sumber hidup atau pada saat kita mulai menebar berbagai pertanyaan yang lebih mendalam yang membuat kita beristirahat dalam peziarahan yang panjang , datanglah ke pada pusat kita dan berelasi dengan rahasia hidup kita
• Kita ingat bagaimana Tuhan banyak bertindak pada masa lalu, masa kini , dan pada masa yang akan datang. Lalu kita mengumpulkan keberanian, kesetiaan dan kegembiraan di dalamnya.
Dewasa ini kita dipanggil untuk untuk menjadi peziarah. Siapkan waktu untuk berdoa, refleksi, untuk meneruskan ziarah batin menuju tempat suci di dalam batin kita. Angela telah memberikan teladan bagaimana kita harus mengarungi ziarah batin sebagai putera-puterinya.


MENU KETIGA:
3.ANGELA CULTIVATOR OF RELATIONSHIPS( Pengolah Hubungan)
Yesus bagi Angela adalah sumber, model semua relasi yang benar
Ia menekankan bagaimana kita harus hidup dengan orang lain. Bahkan ia mengajarkan kepada kita tentang kehidupan bersama dengan yang lain.

Dalam nasihat ke –V : Angela setia dengan janjinya. Ia akan selalu berada bersama kita. Ia benar-benar berbuat dan telah menghasilkan banyak buah.

Angela mempunyai kemampuan untuk berada bersama orang lain. Ia menarik berbagai orang dari berbagai umur, berbagai golongan, dan berbagai bangsa. Bagaimana dengan kita? Apakah kita berada bersama orang lain dan menarik mereka dengan keberadaan kita sehari-hari. Kita telah menampakkan sesuatu kepada orang lain? Inilah salah satu cara menghidupi spiritualitas Santa Angela. Ia selalu menunjukkan bahwa Tuhan ada di sini. Angela memiliki kesucian dan kesucian itu selalu menarik orang lain kepada sang sumber kesucian.

Dalam kehidupannya, ada tiga sahabat laki-laki yang sangat dekat dengan Angela: Agostino Galoi, Antonio Romano, dan Cozano.

• Agostino Galo : teman cukup lama. Dalam perjalanan ke Cremona pada tahun 1529 ia menulis :” Angela berbicara kepada saya dengan sangat ramah selama perjalanan. Saya merasa dijerat olehnya , untuk itu saya tidak bisa hidup lagi tanpa dia, tidak hanya itu, tetapi isteri saya dan seluruh keluarga saya. Saudari saya, pada kenyataannya, sudah mengunjungi dan ketika suaminya masih hidup, ia bahkan menjadi lebih dekat kepada Angela dari pada suaminya sendiri pada tahun 1528.

• Antonio Romano
Angela tinggal selama 14 tahun di rumahnya. Angela bertemu dengan dia di rumah Caterina Patengola di Brescia. Ia mengatakan:” ..... Saya menjadi sangat berkesan kepada Madre Suor Angela dan dia setuju untuk datang dan tinggal di rumah saya. Antonio Romano masih bujang pada usia 20 dan Angela pada waktu itu berusia hampir 40-an.

• Cozano
Angela dapat berbicara dengan bebas kepada Cozano, dan dapat membagikan segala rencana dan pikirannya. . Angela menilai Cozano sebagai seorang teman yang bisa dipercaya. Angela benar-benar menaruh kepercayaan penuh kepada Cozano sebagai teman dekatnya. Seperti kita tahu, menjelang kematiannya, Angela mendiktekkan segala perkataannya kepada Cozano untuk ditulis.

Dengan para susternya, Angela dalam membina relasi selalu menggunakan kata-kata penuh cinta .Ia tidak pernah memaksa . Kata-kata yang digunakan adalah menganjurkan, mengundang, menasihati. Ia menggunakan kata-kata yang tepat untuk setiap pribadi, lebih bersifat mendorong,penuh kelembutan dan keramahan serta peneguhan.

Angela memberikan contoh kepada kita bagaimana membina relasi yang bermutu dalam kehidupan bersamaan. Seperti kebanyakan wanita, Angela adalah wanita yang penuh dengan konsolasi yang mengalami rahmat cinta Tuhan dan ingin dikomuni8kasikan kepada orang lain. Angela memiliki perhatian terhadap orang lain, rahmat yang menarik orang lain dengan kebaikan yang ia punyai.

Sadarilah Angela sebagai sahabatmu. Bukalah dirimu terhadap persahabatannya. Berbicaralah kepadanya seperti sahabat dekat. Sediakan waktu untuk hadir bersamanya. Biarkan dia tahu tentang kebutuhan dan keinginanmu. Nikmatilah persahabatannya.


MENU KEEMPAT:
4.WOMEN OF MISSION ( Wanita Perutusan )
Angela Merici adalah wanita perutusan dengan sebuah ziarah batin. Dikatakan meskipun Angela tidak pernah menggunakan kata apostolis atau misi dalam tulisannya, dia pasti mengerti dengan sangat baik arti kata melayani (Prakata regula :” Allah telah memberikan rahmat kepada Anda... dan telah mengumpulkan anda untuk pelayanan Tuhan Yang Maha Agung...”).

Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa isi regula adalah pendalaman dan perluasan dari teks ini: kekhasan rahmat panggilan, dasar-dasar yang mendukung persatuan dan keselarasan di dalam komunitas dan tujuan mulia melayani Tuhan. Tujuan Angela untuk “kompani”-nya adalah meyakinkan hidup baru untuk pengikut-pengikutnya, “keperawanan” untuk melayani Allah (totalitas) tetapi hidup di dalam dunia (realitas), di luar biara, tanpa mengucapkan kaul atau mengenakan busana biara.

... Prakata art.7-8 : ... karena anda telah dipilih menjadi mempelai yang setia dan suci dari putera Allah, pertama-tama hendaknya anda mau menyadari arti dan konsekuensinya dan menyadari betapa barunya dan mengagumkan keluhuran panggilan ini. Setiap anggota dapat memiliki martabat ini tidak dengan kehebatan dalam kerasulan atau jabatan tetapi melalui kebaikan hati, selalu berusaha untuk dekat dengan Tuhan, dan dengan demikian lebih bebas melayani Dia.

Ini bukan berarti Angela tidak memiliki perhatian terhadap kerasulan seperti yang kita punyai dewasa ini dengan seabrek karya pendidikan. Kita hanya bisa memandang doanya yang teratur dan perbuatan baiknya di mana menarik setiap orang yang mendengarkan, tetapi di atas semuanya itu, Ia berkata :” Tuhan ada di sini.”

Melalui perkataan dan perbuatannya , banyak orang tertarik kepadanya. Angela mempunyai kehangatan dan pendekatan manusiawi.” Perkataannya bersungguh-sungguh, mengena dan lembut, dan kedengaran agak mendesak bahwa setiap orang harus mengakui, Tuhan ada di sini.”

Angela hanya memiliki satu cinta, satu mutiara dalam hidupnya: Yesus. Dan satu tujuan dalam hidupnya adalah membuat cinta ini, mutiara ini diketahui dan dialami oleh setiap orang yang ia jumpai. Itu dilakukan melalui perwujudan karismanya kepada Tuhan dan kesaksian yang benar dari perkataannya dan cara hidup yang membuat setiap orang mengakui dan berkata :” Tuhan ada di sini” bila ia ada.

Tantangan bagi kita sekarang ini :
Dunia kita tidak berbeda dari zaman Angela. Orang zaman ini membutuhkan kesaksian perkataan dan perbuatan yang meyakinkan dari mereka yang mewartakan dengan kehidupan yang benar dan transparan.

Bahan Refleksi 
1. Siapakah yang telah mempengaruhi saya melalui doa dan perbuatan baiknya? Bagaimana orang ini membantu saya bertumbuh?
2. Dengan cara apa Roh memanggil saya untuk lebih hadir bagi orang
lain?
3. Anugerah apa yang dapat saya gunakan dalam melayani sesama?

Saran untuk doa pribadi
Temani Angela ketika dia melayani orang-orang yang membutuhkan. Amatilah pendekatannya, jangkauannya, belas kasihnya. Dia menerima setiap orang seakan-akan mereka sendirian. Lihat sentuhan lembutnya dan cintanya. Mintalah padanya agar mengajarkan kalian menjadi pelayan yang berbelaskasih.


MENU KELIMA:
5.HARMONY/INSIEME ( Keserasian / Kebersamaan)
Kata “insieme” atau “bersama-sama” muncul sepuluh kali dalam tulisan Angela. Dalam Regula 2 kali, dalam Nasehat satu kali, dan dalam Wasiat sebanyak 7 kali... Angela memandang begitu pentingnya kebersamaan.

Kunci untuk mengerti tentang Kompani: Tuhan--- telah memberikan anda rahmat --- dan menarik anda dari kegelapan dunia --- dan mengumpulkan anda bersama--- melayani Tuhan yang Maha agung.

Sangat jelas Visi Angela:
• Berdasar pada sebuah kesatuan (unitas)
• Bertumbuh dengan kebersamaan dengan yang lainnya 
(komunitas)
• Berbuah pada sikap nyata melayani Tuhan dan sesama (caritas)
Sesungguhnya inti dari semua tulisan mengatakan kepada semua putera-puterinya bahwa mereka harus menghayati anugerah yang satu ini dan mendorong para pemimpin bagaimana harus memperkenalkan struktur “insieme” dari Kompani.

“Insieme” hanya disebut satu kali tetapi menjadi sangat kuat dalam nasehat terakhir: Kata-kata terakhir kusampaikan kepadamu dan kuanjurkan dengan segenap jiwaku ... hiduplah dalam keserasian, terikata satu sama lain, satu hati dan satu kehendak.....

Angela memiliki pengertian yang sangat mendalam tentang insieme: hidup dalam keserasian, terikat satu sama lain, satu hati, satu kehendak. Angela memusatkan seluruh pikirannya tentang kesatuan bersama dalam kata “insieme”: saling mengasihi, dan hidup dalam keserasian adalah tanda bahwa kita berjalan pada jalan yang benar dan menyenangkan hati Tuhan, memperjuangkan kesatuan dan persatuan.

Angela menganggap penting sekali kesatuan dan persatuan dalam kompani. Dia menyadari sungguh-sungguh, tanpa persatuan dan kesatuan yang kokoh, kompani tidak akan bertahan. Landasan persatuan dan kesatuan hanyalah satu yaitu kasih dan pengertian penuh kesabaran. Ia menekankan dalam regula bab 9: 21-22: Kata-kata, tindak tanduk dan sikap kita selalu menjadi contoh dan teladan bagi smeua yang beurusan dengan kita ,selalu menjaga kelangsungan api cinta kasih yang menyala dalam hati kita.

Wasiat terakhir 10-16 :”... Lihatlah betapa pentingnya persatuan dan keserasian, maka dambakanlah, carilah, peluklah, pertahankan itu sekuat tenaga. Karena saya berkata kepadamu , jika anda semua hidup bersatu hati anda seperti benteng yang kuat, menara yang tak tergoyahkan, melawan segala kejahatan dan serangan.

Ide Angela tentang persatuan tidak dimaksudkan menjadi keseragaman. Visinya tentang kesatuan selalu memberi ruang bagi perbedaan, persatuan diperkaya oleh perbedaan. Angela menjunjung tinggi kehendak bebas setiap pribadi. Wasiat 3: 8-9 :” Di atas segalanya itu, hati-hatilah supaya tidak menggunakan kekerasan karena Allah telah memberikan kehendak bebas kepada semua orang dan tidak memaksa siapa pun melainkan hanya menunjukkan, mengundang, dan memberi nasihat.

Angela melihat puteri-puterinya dalam Wasiat ke -2 : 2-3 : Bukan hanya nama mereka, melainkan latar belakang dan keperibadian mereka, dan setiap hal mengenai mereka. Selanjutnya dalam Regula 12:24 Angela menekankan kepaa semua pemimpin untuk membantu saudara-saudari sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Angela memiliki sedemikian iman dalam setiap puterinya, mereka yang buta huruf, mereka yang memiliki jabatan. Dia percaya akan penilaian baik mereka dan semangat doa dari anggota biasa dari compani untuk mengetahui jika ada perubahan yang akan dilakukan.
Ini adalah balasan pelayanan doa dan sharing anugerah yang berbeda yang membantu Kompani yang didirikan Angela dapat hidup dalam keanekaragaman.

Pertanyaan
Bagaimana anda mengalami persatuan dalam keanekaragaman yang menjadi keinginan Angela?
Dari pengalaman sendiri, apakah yang menyuburkan semangat insieme, kesatuan dalam kebersamaan dan dengan mereka yang kita jumpai dalam hidup sehari-hari?
Apakah anda mengalami ancaman semangat keserasian atau insieme , khususnya dalam hidup bersama?


MENU KEENAM:
6. PROPHET OF THE WORD( Nabi Sabda Allah )

A.Pengantar
Tulisan St. Angela terdiri dari 3 bagian, seperti yang telah kita ketahui, yaitu:
• Regula ditujukan kepada para perawan
• Nasihat ditujukan kepada para pemimpin
• Wasiat ditujukan kepada para janda yang membantu para perawan.
B. Angela adalah wanita kitab suci. Semua tulisan didasarkan atas kitab suci. Banyak Kutipan kitab suci yang digunakan terutama tentang saba bahagia dalam Perjanjian Baru. Jadi, tulisan Santa Angela bersifat biblis. Ia mendasarkan segala perkataannya pada Sabda Yesus. Mengagumkan, luar biasa. Angela tidak bisa membaca tetapi tahu dan paham tentang Kitab suci, bahkan mampu menafsirkannya dengan sangat baik dan tepat.

C. Angela menginginkan agar semua kita merenungkan dan menghayati semangat Yesus. Inti kehidupan kita adalah Yesus. Angela mau menunjukkan kepada kita bahwa Yesus adalah segala-galanya. Dia mendorong kita agar menjadikan kitab suci pusat hidup kita. Kita perlu menghayatinya dengan penuh kegembiraan dan kesetiaan.
Lihat :
• Luk.2: 28 Mat.6:19
• Yoh.5: 20 Luk.10:16

D. Angela adalah seorang wanita yang penuh dengan pembedaan roh. Itu luar biasa.

E. Angela sangat peka akan karya Roh Kudus. Baginya kepekaan terhadap Roh Kudus merupakan kunci baginya untuk membuat segala keputusan dengan bijaksana. Regula 8: 14,16 dikatakan bahwa:” Di atas semuanya itu anda harus mentaati nasehat dan ilham yang disampaikan oleh Roh Kudus secara terus menerus ke dalam hati kita ( 14 ). .....karena Roh Kudus adalah Dia yang mengajarkan kita seluruh kebenaran...( 16 )

F. Angela meletakkan kompaninya di atas perjalanan yang besar seperti percikan nyala api ke berbagai negeri menjadi nabi dunia, mewartakan kabar gembira tentang Yesus Kristus, menyentuh hati dan jiwa dengan cinta Yesus Kristus, menuntun mereka untuk menyentuh setiap benua.

G. Pada jamannya Angela berbicara terang-terangan kepada orang-orangnya dan mengerahkan segala kekuatan dan dengan setia mengangkat dan membaharui masyarakatnya dalam iman.
Kita menemukan isu dan kesulitan-kesulitan :
• Ketidakadilan
• Kekerasan terhadap hak asasi
• Kemiskinan berhadapan dengan kekayaan
• Pembagian sumber bumi yang tidak adil
• Perbedaan kelas sosial
• Keterpecahan di dalam Gereja sendiri
• Keinginan akan kebebasan dan individualistis
• Perampasan kesempatan pendidikan khususnya untuk perempuan.
Pertanyaan:
Sebagai putera-puteri Santa Angela, “nabi sabda Allah, dalam hal apa kita dipanggil untuk menanggapi penderitaan sesama dan semesta kita? Bagaimana pandangan hidup Angela dengan terang injil membantu saya dalam situasi kehidupan sehari-hari?

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)


NB”:
"HIK - HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI" 
Ini adalah suatu "warung iman/cafe rohani" yang bercikal bakal dari "SOLO - Spirit Of Loving Others" dengan trilogi menu dasarnya :
HIK - Harapan, Iman dan Kasih, dimana mengacu pada trilogi ensiklik kepausan yang terbaru, yakni:
"Deus caritas est" / Allah adalah "KASIH",
"Spes salvi" / "HARAPAN" keselamatan, dan
"Lumen fidei" / Cahaya "IMAN".

Inilah sebuah proyek pencerahan sederhana yang terbuka untuk semua orang yang merindukan "puncta", semacam titik-titik permenungan hidup berdasarkan pesan bijak bestari para tokoh serta aneka doa bestari dan penanggalan liturgi harian gereja.

0 komentar:

Poskan Komentar