Ads 468x60px

Ora et Labora

Teresa Avila

PROLOG
Teresa dari Avila juga dikenal dengan nama “Teresa dari Yesus” atau “Teresa Besar”. Ia yang dibaptis sebagai Teresa Sanchez de Cepeda y Ahumada adalah seorang mistikus dari Spanyol dalam sejarah Gereja Katolik. Tulisan-tulisan rohani dari biarawati Karmelit yang termasyhur ini sangat terkenal, padahal dia tidak memiliki latar pendidikan yang sangat tinggi. Hal ini mengindikasikan, bahwa dia lebih banyak belajar dari Roh Kudus daripada dari guru-guru yang lain. Dia sendiri adaah seorang pembaharu dari Ordo Karmelit dan bersama dengan Yohanes dari Salib dianggap sebagai pendiri Karmelit Tak Berkasut ” (Ordo Carmelitarum Discalceatorum-OCD). Pada tahun 1970, dia diberi gelar Doktor Gereja oleh Paus Paulus VI. Popularitasnya juga merambah ke dunia seni. Ada patung, film, drama, buku satra, syair lagu, novel, puisi, orkestra yang terinspirasi dari pengalaman mistik Teresa Avila ini.    
SKETSA PROFIL
"Hanya cinta saja
yang memberikan nilai untuk segala sesuatu." - St. Teresa of Avila
(Theresia dari Avila)

Bicara soal Teresa Avila, ada pelbagai macam penggambaran. Beberapa diantaranya:
·        "St. Teresa" dilukis pada 1819-1820 oleh François Gérard, pelukis neoklasik Prancis.
Menakjubkan! Ternyata banyak orang dari pebagai kalangan yang mengenal dan terinspirasi dari sosok Teresa Avila, bukan? Teresa sendiri dilahirkan di Gotarrendura (Ávila), Old Castile, Spanyol pada tanggal 28 Maret 1515 . Ia meninggal di Alba de Tormes, Salamanca, Spanyol, pada 4 Oktober 1582 dalam usia 67 tahun. Kakek dari ayahnya, Juan de Toledo, adalah seorang Yahudi yang beralih ke Kristen dan dituduh oleh Inkuisisi Spanyol karena kembali kepada kepercayaan Yahudi. Ayahnya, Alonso Sánchez de Cepede, membeli gelar ksatria dan berhasil berasimilasi ke dalam lingkungan Kristiani. Ibu Teresa bernama Beatriz Davila y Ahumada. Mereka adalah keluarga yang cukup kaya dan tepandang. Ayahnya seorang yang sangat mengasihi kaum miskin dan penuh belaskasih terhadap orang sakit. Sementara ibunya adalah seorang wanita yang cantik, cerdik dan saleh. Teresa sendiri mempunyai 11 saudara (2 puteri dan 9 putera). Teresa dan kakaknya, Rodrigo suka sekali membaca riwayat hidup para kudus dan para martir.

Sebagai seorang ’naturaliter christian’ (dari sananya sudah menjadi Katolik, karena baptis bayi), Teresa telah terpanggil untuk menjadi martir bagi Tuhan. Baginya, tampaknya menjadi martir adalah cara mudah untuk dapat pergi ke surga. Namun rencananya digagalkan oleh pamannya ketika dia mencoba melarikan diri dari rumahnya menuju tanah orang Moor bersama Rodrigo, kakaknya melewati salah satu dari 88 pintu gerbang yang ada. Untuk yang kedua kalinya, dia melarikan diri menyusuri lorong-lorong kota Avila mencari kekasih hatinya yakni Yesus. Hatinya tertangkap oleh Yesus sehingga dia bermadah:
“Aku bukan milikku lagi, Aku telah menyerahkan diri.
Aku menyerahkan diri kepada Allah,
maka kini CintaNya menjadi milikku dan aku menjadi milikNya.
Kami tukar menukar.
Maka Cintaku menjadi milikNya dan aku menjadi milikNya selalu.
Aku bukan milikku lagi karena aku telah menyerahkan diri”.

Namun demikian, ketika Teresa tumbuh menjadi seorang gadis remaja, ia berubah. Ia banyak membaca buku-buku novel dan kisah-kisah roman picisan sehingga ia tidak mempunyai banyak waktu lagi untuk berdoa. Ia lebih banyak memikirkan cara merias serta mendadani dirinya agar tampak cantik. Tetapi, setelah ia sembuh dari suatu penyakit parah, Teresa membaca sebuah buku rohani tentang St. Hieronimus. Pada saat itu juga, ia bertekad untuk menjadi “mempelai Kristus”. Katanya sendiri, “To reach something good it is very useful to have gone astray, and thus acquire experience.” - Untuk mencapai sesuatu yang baik sangat berguna untuk ‘gelap’, dan dengan demikian memperoleh pengalaman."

Perjalanan panggilan hidup berikutnya mengantarkannya memasuki biara Karmelit. Biara itu memang besar dengan jumah anggota ratusan suster. Ketika menjadi seorang biarawati, kesehatannya buruk. Pada masa awal pengalaman sakitnya, dia mengalami periode ekstase keagamaan melalui bacaan "Tercer abecedario espiritual," (Alfabet Spiritual Ke-3) yang dipublikasi pada tahun 1527 dan ditulis oleh Francisco de Osuna. Dia juga membaca buku Tractatus de oratione et meditatione karya Peter Alcantara.

Dia menyatakan bahwa selama sakit, dia naik dari tingkat terendah, yakni "ingatan", ke "devosi keheningan" atau bahkan ke "devosi ekstasi", yang merupakan salah satu persatuan yang sempurna dengan Allah. During this final stage, she said she frequently experienced a rich "blessing of tears."Selama tahap akhir, katanya dia sering mengalami kekayaan iman "berkat air mata."As the Catholic distinction between mortal and venial sin became clear to her, she says she came to understand the awful terror of sin and the inherent nature of original sin. Di hadapan lukisan Yesus, ia merasakan suatu kesedihan yang mendalam bahwa ia tidak lagi mencintai Tuhan. Sejak itu, ia semakin berusaha untuk hidup hanya bagi Yesus saja, tidak peduli betapa pun besarnya pengorbanan yang harus dilakukannya. Ya hati memang selalu  punya alasan yang tidak dikenal oleh akal, seperti ucapan Blaise Pascal, “Le coeur a ses raisons que la raison ne connait pas”.

Pada tahun 1556, banyak teman menyatakan kepada Teresa bahwa pengetahuannya berasal dari roh jahat, maka ia mulai menjalani penyiksaan diri. Tapi rekannya,  Francis Borgia seorang biarawan Jesuit, memastikan dia bahwa inspirasi rohaninya berasal dari Tuhan. Tiga tahun kemudian, persis pada perayaan St. Petrus (tahun 1559), Teresa yakin bahwa Yesus hadir dalam tubuhnya. Vision ini sendiri hadir selama dua tahun dalam hidupnya. Dalam vision lainnya, Teresa menuliskan bahwa ada malaikat (seraphim) yang menusukkan tombak emas ke jantungnya. Ingatan akan kejadian ini mendorongnya untuk semakin mengikuti penderitaan Yesus, tercatat sebagai mottonya: "Bapa, biarkan aku menderita atau biarkan aku mati." Vision Teresa ini sendiri menjadi hasil karya Bernini paling terkenal, berjudul: Ekstase St. Teresa”, di Santa Maria della Vittoria, Roma.

Setelah 20 tahun lamanya mengalami pelbagai penglihatan dan pengalaman rohani lainnya, Teresa berketetapan untuk semakin melepaskan diri dari hasrat berhubungan dengan orang lain secara tetap, dan dia pun lebih hidup menyendiri untuk berdoa. Kemudian, pada saat ayahnya meninggal dunia, Teresa jatuh sakit dan koma untuk 4 hari lamanya disusul dengan kelumpuhan selama 3 tahun. Dalam penderitaannya ini, hati Teresa semakin mantap dan maju pesat dalam meditasi dan kontemplasi. Teresa banyak menerima karunia yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Dia pun sering mengalami ekstase. Begitu mendalam kontemplasinya, sehingga pada suatu hari para suster lainnya mengira bahwa Teresa sedang meregang jiwa. Kedua matanya sudah ditutupi dengan lilin, tapi tiba-tiba ia bangun kembali. Ketika ditanya apa rasanya mati, Teresa menjawab: “Kematian adalah ekstase.”

Pada tahun 1560, ia melihat kesengsaraan orang dalam neraka. Sejak saat itu dia berikrar untuk selalu berbuat lebih baik. Ketika berumur 50-an tahun, persisnya pada tanggal 24 Agustus 1562, Teresa dengan beberapa suster lainnya berniat mendirikan sebuah biara yang berpegang teguh pada gerakan Karmel yang asli, yaitu supaya para suster hidup lebih sederhana semata-mata demi kemuliaan nama Tuhan. Pilihan hidupnya terletak pada tiga pilar pokok, yakni: kemiskinan, kesunyian dan hidup doa.Bersama dengan kehidupannya yang baru ini, Teresa mengganti namanya dengan Theresa dari Yesus. Pilihannya ada pada: kemiskinan, kesunyian dan hidup doa.

Untuk diketahui, pada masa itu kebanyakan biara tidak dapat menahan serangan dari hal-ikhwal yang bersifat duniawi. Banyak orang masuk biara bukan untuk hidup doa semata, melainkan untuk melarikan diri dari keluarga dan permasalahan hidup. Seiring perjalanan waktu, dengan bantuan seorang Karmelit lain, Yohanes dari Salib, Teresa dibimbing lewat penglihatan-penglihatan yang bersifat supernatural sehingga ia dapat mendirikan banyak biara Karmel pembaharuan, yang lebih berorientasi pada hidup kontemplasi. Para Karmelit ini sekarang biasa disebut Karmelit tak berkasut” (Ordo Carmelitarum Discalceatorum-OCD), seperti yang ada di Lembang-Jawa Barat, Bajawa-Flores, dan Kakaskasen-Sulawesi Utara).

Dalam kenyataan hidupnya, Teresa memang tidak sepenuhnya menjadi pendoa kontemplatif yang mundur dari keramaian dunia, karena dia banyak melayani para suster, imam dan kaum awam yang tertarik pertama-tama oleh kepribadian dan pengalaman imannya yang hidup. Tulisan-tulisannya seperti “Puri Batin” (Inggris: The Interior Castle) dan “Jalan Kesempurnaan” (Inggris: The Way of Perfection) menunjukkan kedalaman hikmat dan kebijaksanaannya. Tulisan-tulisannya sendiri tidak banyak diwarnai dengan hal-hal yang bersifat teologis, melainkan lebih bersumber pada Roh Kudus yang berbicara lewat hatinya.

Buku-bukunya yang lain, termasuk auto-biografinya, The Life of Teresa Avila, merupakan bagian integral dari literatur Renaissance Spanyol serta mistisisme dan meditasi Kristiani. Ia mengajarkan bahwa kita harus memiliki kepercayaan yang besar akan kasih penyelenggaraan Tuhan bagi kita. Ia kerap menulis bahwa seseorang yang memiliki Tuhan, tidak akankekurangan sesuatu apapun. Tuhan saja sudah cukup.

Satu hal yang pasti: Teresa adalah seorang pemimpin besar yang sungguh-sungguh mengasihi Yesus serta Gereja Katolik. Ia adalah seorang perempuan kudus yang penuh wibawa, polos, cantik dan memiliki kepribadian menarik. Ia sendiri meninggal dunia di usia 67 tahun pada tahun 1582. Gereja menetapkan Teresa Besar sebagai pelindung para penderita sakit kepala. Ia dimakamkan di gereja Alba de Tormes, Salamanca. Empat puluh tahun setelah kematiannya, ia dinyatakan kudus oleh Paus Gregorius XV pada tahun 1622. Ia juga digelari Pujangga Gereja oleh Paus Paulus VI pada tahun 1970. Kata-kata terakhirnya sebelum meninggal adalah: "Tuhanku, sekarang saatnya untuk beralih. Wahai Tuhan dan pasanganku, saat itu, saat yang kurindukan telah datang. Saatnya untuk bertemu satu sama lain..."


REFLEKSI TEOLOGIS

DOA
“Dikuatkan Oleh Allah”

“Take God for your spouse and friend
and walk with Him continually,
and you will not sin, will learn to love,
and the things you must do will work out prosperously for you.”
Ambillah Tuhan sebagai pasangan dan temanmu
dan berjalanlah dengan-Nya terus-menerus,
dan kamu tidak akan berbuat dosa.
Kamu akan belajar untuk mencintai,
dan hal-hal yang kamu lakukan semuanya akan berhasil."

Apa itu doa? Secara sederhana, doa adalah  relasi cinta kita dengan Allah, jadi doa tidak dalam bentuk permohonan terus. Doa bisa juga dalam bentuk mazmur, kidung, bisa dalam rupa pujian, ratapan, curhatan, syukur dan sebagainya. Gereja Katolik sendiri mengenal pelbagai jenis doa. Misalnya: Doa-doa dasar (Tanda Salib, Salam Maria, Bapa Kami, Kemuliaan, Malaikat Tuhan, Ratu Surga, Kidung Zakharia, Kidung Maria, Kidung Simeon, Doa Iman, Doa Harapan, Doa Kasih, dan lain sebagainya). Ada juga doa-doa liturgis, seperti  Liturgi Harian (brevir: “laudes, horamedia, vesper, completorium”) dan Liturgi Mingguan (Doa Bacaan, Doa Syukur Agung ketika Ekaristi Minggu, Doa ekumenis). Ada juga  doa tahunan (Doa pada Masa Advent, Masa Natal, Masa Paskah, Prapaskah dan sebagainya). Ada juga doa-doa pribadi/kelompok dan pelbagai doa devosi, antara lain: Doa-doa Devosi kepada Yesus (Jalan Salib, Sakramen Maha Kudus, Silih, Litani, Jiwa Kristus) atau doa-doa devosi kepada Orang Kudus  (Litani, Rosario, santo/a pelindung, novena)

Di lain matra, pada awal abad ke-16, negeri Spanyol hidup dengan pelbagai gairah. Ada huru-hara di luar dan di dalam tubuh Gereja. Kesatuan umat Kristiani juga terancam. Teresa mau mengatasi segala kesulitan jamannya. Untuk itu, ia hanya melihat satu jalan keluar yakni: DOA! Katanya, Prayer is nothing else than being on terms of friendship with God.” - Doa tidak lain tidak bukan berarti sebuah persahabatan dengan Allah."

Yah, Teresa Avila mengingatkan kita bahwa doa membuat kita semakin dekat, akrab, hangat dan bersahabat dengan Allah. Lebih lanjut tentang hidup doa, Teresa menulis: Doa batin ialah pergaulan dengan seorang sahabat, kita menyadari bahwa sahabat itu mencintai kita karena itu kita sering ingin menjumpaiNya agar sempat berbicara dengan Dia, seorang diri, dengan penuh kemesraan. Bagi Teresa Avila, letak keindahan dan kekuatan doa bukan pada banyak atau indahnya kata-kata melainkan pada banyaknya mencinta, seberapa besar cinta kita kepadaNya. Satu keyakinan iman yang bisa kita petik dari cerita tentang Teresa Avila: Menyediakan waktu terbaik kita setiap hari untuk keheningan dan doa kepada Allah, tidak akan merusak kegembiraan alami yang kita miliki, melainkan hanya menyalurkannya sehingga motivasi hidup dan pelayanan kita terhadap sesama semakin dimurnikan dalam kasih Kristus.

Proses sebuah hidup doa wajar bertahap: Ada saatnya merangkak, lalu berguling, merambat, jatuh, berjalan, berlari. Di sinilah pepatah Jawa mendapat kebenarannya bahwa, memang benar kebahagiaan hidup itu tidak ada yang sempurna, kabegjan iku tansah ana kekurangane.

Kata Teresa sendiri, doa harus senantiasa kita rindukan dan usahakan bukan hanya untuk merasakan sebuah “kenikmatan”, melainkan untuk menjadi semakin kuat dalam mengabdi Tuhan, sehingga semakin tampak jelas odor sanctitatis-nya (baca: aroma kesuciannya). Bukankah jelas, lewat figur dan pernyataan Teresa Avila inilah, arti doa menjadi begitu sederhana tapi penuh makna, yakni: “Dikuatkan Oleh Allah.” Bukankah tepat juga sebuah pernyataan iman Rasul Paulus, tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal melulu dari Allah, bukan dari diri kami” (2 Kor 4: 7). Ssst…sudahkah kita berdoa hari ini?


EPILOG
Teresa Avila terkenal karena menulis pelbagai buku doa dan mendirikan biara-biara Karmelit yang baru. Biara-biara yang kerap disebut “Karmelit Tak Berkasut ” (Ordo Carmelitarum Discalceatorum-OCD) tersebut dipenuhi oleh para biarawati yang rindu untuk hidup semakin kudus dalam Yesus. Teresa sendiri memberi teladan hidup dan kesaksian nyata kepada mereka untuk hidup semata-mata demi Yesus.

Selain itu, Teresa juga sempat mengarang tiga buku pokok spiritualitas di sela-sela perjalanannya yang panjang, yakni: “Riwayat Hidupnya, Jalan Menuju Kesempurnaan serta Puri Batin. Dia juga menulis sajak doa yang selalu dibawanya: Janganlah khawatir tentang apa pun, segalanya akan berlalu. Janganlah takut akan apa pun, Tuhan tidak berubah. Kesabaran akan menang atas segala. Barangsiapa percaya akan Allah, tak akan kekurangan . Tuhan saja cukup.”

Yah, satu keutamaan iman yang bisa kita ingat dari Teresa Avila adalah, “Ora et Labora. Berdoa dan bekerjalah.” Ia berdoa dengan cinta yang menyala-nyala dan ia sekaligus juga bekerja keras dalam melakukan tugas-tugas biara dan menulis pelbagai buku spiritualitas. Bagaimana dengan kita sendiri?


ASPIRASI
“Each of us has a soul, but we forget to value it.
We don't remember that we are creatures made in the image of God.
We don't understand the great secrets hidden inside of us.”
Setiap dari kita memiliki jiwa, tetapi kita lupa untuk menghargainya. We don't remember that we are creatures made in the image of God.
Kita tidak ingat bahwa kita adalah makhluk yang diciptakan
menurut gambar Allah. We don't understand the great secrets hidden inside of us.”
Kita tidak mengerti rahasia besar yang tersembunyi dalam diri kita. "
(Teresa Avilla)~The bookmark of Teresa of Avila

0 komentar:

Posting Komentar