Ads 468x60px

Signum - Tanda

Yesus, sang TANDA pernah berkata, "Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kataKu kepadamu, bukan damai, tapi pertentangan. Karna mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara 5 orang dalam satu rumah, 3 melawan 2, dan 2 melawan 3...." (Luk 12:51-53).

Apa maksudnya?
Bukankah Yesus datang sebagai TANDA damai?
Ya, ucapan Yesus ini sering membingungkan orang.
Bukankah Dia itu Raja Damai seperti yang diramalkan oleh Yes 9:5? Lukas sendiri mengaitkan secara erat kedatangan Yesus ke dunia ini dengan damai (Luk 1:79; 2:14; 10:15; 19:38).
Nah, Mengapa Luk 12:51-53 di atas mengatakan bahwa Yesus datang bukan untuk membawa damai tapi perpecahan/perselisihan?


Sebenarnya Luk 12:51-53 tidak mau mengatakan bahwa Yesus datang dengan maksud memecah belah. Yesus justru menghendaki agar semua orang selamat dan menjadi satu dalam diriNya (Yoh 17:11-24). Hal ini sudah diramalkan dalam Luk 2:34: "Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan dan membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan."

Mengapa? Sebab pewartaan Yesus dapat mengundang reaksi yang berbeda: Ada orang mau menerima Yesus tapi ada pula yang menolakNya. Seorang menjadi Kristiani kadang harus bertentangan dengan keluarganya yang tidak menerima Yesus: dikucilkan-dianggap "aneh" bahkan diusir oleh keluarganya sendiri hanya karna menjadi orang kristiani.
Dkl: Tuhan datang ke dunia dengan menawarkan pesan kedamaian (lih. Luk 2:14, Rom 5:11), pastinya ada yang menerima dan ada juga yang menolak tawaranNya sehingga terdapat pertentangan antara mereka yang menerima Yesus dan ajaranNya dengan mereka yang menentang Yesus dan ajaranNya.

Maka sepanjang hidupNya, Ia adalah tanda pertentangan “a sign of contradiction“, seperti yang telah dinubuatkan oleh Simeon (Luk 2:34). Disinilah, Yesus memperingatkan kepada kita akan adanya "resiko", harga yang mesti kita bayar dalam mengikutiNya (Luk 6:20-23; Mat 10:24).

Siapkah kita tetap menjadi "sign of love", tanda tanda cinta Tuhan di tengah carut marut dunia?

Salam HIK-ers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh


0 komentar:

Poskan Komentar